Jumat, 07 September 2012

Kapal terdampar di Filipina, 11 WNI selamat

AppId is over the quota
KBRI Manila, bekerja sama dengan aparat Filipina dan tim penjaga pantai setempat, telah membantu mengurus proses evakuasi para ABK tersebut, termasuk juga membantu perbaikan kapal itu
Jakarta (ANTARA News) - Sebuah kapal penarik (tugboat) asal Indonesia terdampar di perairan San Felipe, Zambales, Filipina, Selasa, akibat kerusakan mesin sejak sepekan lalu, dengan membawa 11 anak buah kapal (ABK) yang semuanya dilaporkan selamat.

Diplomat RI di Manila, Sritomo, mengatakan kapal TB Indonesia Harlina Tiga, milik PT Borneo Karya Sadir (BKS), sedang membawa kargo menuju Tiongkok ketika dihantam badai "typhoon" pada Selasa (14/8). Akibatnya, tali jangkar kapal terlempar ke laut dan menjerat baling-baling propeller, kata Sritomo dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

"KBRI Manila, bekerja sama dengan aparat Filipina dan tim penjaga pantai setempat, telah membantu mengurus proses evakuasi para ABK tersebut, termasuk juga membantu perbaikan kapal itu," kata Sritomo.

Walikota San Felipe Carolyn Farinas, tambahnya, juga telah mendatangi kapal dan berbincang dengan para kru kapal, setelah mendapat amanat dari Kementerian Luar Negeri Filipina.

Kesebelas kru kapal tersebut telah memperoleh bantuan dan dimintai keterangan terkait dokumen kapal, identitias pribadi dan paspor. Mereka adalah Firman Ichsandy (Kapten Kapal), Jam Hari, Aseng, Miftahul Huda, Jose, Soduino, Suhermanto, Agustinus, Nurudin, Akram, dan Sulaiman.

Sebelumnya diberitakan bahwa Walikota Farinas melarang kapal tugboat itu meninggalkan lokasi perairan San Felipe begitu saja meski sudah diperbaiki. Farinas meminta para kru mengikuti prosedur yang berlaku di daerah itu.

"Kehadiran Anda di sini harus didokumentasikan karena Anda adalah warga negara asing," kata Farinas.
(F013) Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Bio Farma bantah telah digeledah aparat hukumPT Bio Farma membantah kabar yang menyebutkan perusahaan ini telah digeledah aparat hukum seperti dilansir sejumlah ...

Fauzi Bowo akan bantu napi cari pekerjaan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan pihaknya akan membantu mencarikan lapangan pekerjaan bagi narapidana yang ...

Kubu Raya tingkatkan kesejahteraan petani dengan ekonomi kerakyatanPemerintah Kabupaten Kubu Raya berusaha mempercepat peningkatan kesejahteraan petani dengan menerapkan ekonomi ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar