Minggu, 02 September 2012

Penukaran uang baru di Jakarta capai Rp800 miliar

AppId is over the quota
Kamis, 16 Agustus 2012 15:32 WIB | Dilihat 1297 Kali Penukaran Uang Pecahan Puluhan warga mengantre untuk menukarkan uang pecahan di kawasan pelataran silang Monas, Jakarta, Selasa (31/7). (ANTARA/Dian Dwi Saputra)Jakarta (ANTARA News) - Penukaran uang baru yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia sudah mencapai angka Rp800 miliar.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia serta sembilan bank negeri dan swasta bekerjasama melakukan penukaran uang yang dilaksanakan sejak 23 Juli hingga 16 Agustus 2012 di Lapangan Parkir IRTI, Monumen Nasional (Monas).

"Untuk di Jakarta sudah mencapai Rp800 miliar," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengedaran Uang Bank Indonesia, Gatot Sugiono saat ditemui di Monas, Rabu.

Menurutnya, sejak bulan Juni hingga Agustus, Bank Indonesia sudah menyiapkan sekitar Rp50 triliun untuk jasa penukaran uang baru jelang Lebaran.

"Ada kami siapkan 50 triliun. Sejak bulan Juni hingga Agustus untuk penukaran termasuk yang dikirim ke daerah," kata Gatot.

Kegiatan yang sudah berjalan sejak tahun 2008 ini bertujuan untuk memberikan kemudahan masyarakat yang ingin menukarkan uang baru dengan dengan nominal yang lebih kecil.

Untuk mengurangi kemungkinan penukaran dengan tujuan bisnis, Gatot mengatakan sudah menyediakan titik-titik penukaran di bank-bank yang bekerjasama.

"Kami menggelar penukaran sebanyak-banyaknya. Tidak hanya disini, tapi juga di bank-bank," kata Gatot.

Penukaran ini pun tidak dikenaik biaya sama sekali.
(dny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar