Senin, 03 September 2012

Seluruh penduduk miliki jaminan kesehatan pada 2019

AppId is over the quota
ILustrasi sejumlah warga memeriksa tekanan darah ketika berobat di sebuah RS. (FOTO ANTARA/Regina Safri)

Terpenuhinya hak hidup sehat bagi seluruh penduduk tanpa terkecuali, merupakan tujuan utama implementasi Sistem Jaminan Sosial Nasional
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, seluruh penduduk akan memiliki jaminan kesehatan paling lambat pada 2019.

Menurut Presiden, pada awal tahun 2014 akan dibentuk dan mulai beroperasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan secara nasional tersebut.
"Paling lambat pada tahun 2019 mendatang, seluruh penduduk Indonesia telah memiliki jaminan kesehatan," kata Presiden dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-67 Proklamasi Kemerdekaan RI di Gedung DPR Jakarta, Kamis,

Menurut Presiden, sebagai tindak lanjut dari penetapan Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Pemerintah dan DPR telah menyetujui untuk disahkannya Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Dengan adanya UU tersebut, maka secara bertahap, lima jenis jaminan sosial yaitu jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian, akan dapat dinikmati oleh rakyat.

Jaminan Persalinan

Sejalan dengan program itu, pemerintah juga mengembangkan Jaminan Persalinan untuk lebih dari 2,5 juta ibu melahirkan.

"Melalui program ini, insya Allah kita dapat menurunkan angka kematian ibu (AKI) sejalan dengan percepatan pencapaian MDG`s. Semuanya itu, merupakan jawaban kita untuk mewujudkan perluasan pelayanan kesehatan bagi rakyat. Inilah esensi dari reformasi kesehatan," kata Presiden.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, reformasi kesehatan ini diharapkan akan mengubah paradigma dari sekadar berobat gratis menjadi sehat secara gratis.

"Melalui reformasi kesehatan, kita ingin membangun rakyat Indonesia yang bukan saja sehat fisiknya, tetapi juga sehat jiwanya, agar dapat membangun bangsa yang kuat, tangguh dan cerdas," demikian Yudhoyono.

(M041/A011) Editor: Heppy

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Sapi ngamuk, pengayuh becak luka parahSeorang pengayuh becak yang biasa mangkal di BRI Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis, jadi korban sapi ...

Seluruh penduduk miliki jaminan kesehatan pada 2019Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, seluruh penduduk akan memiliki jaminan kesehatan paling lambat pada 2019.

Jamsostek serahkan beasiswa Rp1,050 miliarPT Jamsostek (Persero) menyerahkan dana beasiswa bagi pelajar dari tingkat SD sampai perguruan tinggi seluruhnya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar