Jumat, 31 Agustus 2012

Orangtua overprotektif, anak mudah cemas

AppId is over the quota
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Septianda Perdana)

Jakarta (ANTARA News) - Banyak orangtua yang terlalu melindungi anaknya percaya bahwa memanjakan buah hati adalah demi kebaikan sang anak.

Namun, penelitian menemukan bahwa anak yang terlalu dimanja saat kecil bisa tumbuh menjadi seorang pencemas.

Tim peneliti Centre for Emotional Health dari Macquarie University mengamati 200 anak-anak, seperti dilansir Medical Daily. Pada tahap awal penelitian, mereka mengamati anak-anak pada usia tiga dan empat tahun. Semuanya diamati lagi lima tahun kemudian.

"Penelitian menemukan bahwa prediktor utama anak usia 9 tahun adalah kecemasan saat mereka berumur empat tahun," kata Profeson Jennifer Hudson, ketua peneliti.

Interaksi para ibu dengan anaknya pun turut diteliti. Mereka juga harus menjawab pernyataan seperti "Saya memakaikan anak baju walaupun dia bisa memakai sendiri". Hasil membuktikan bahwa  anak kecil usia pra-sekolah yang mudah cemas adalah anak yang diasuh oleh ibu yang terlalu mengatur, overprotektif, dan memanjakan anak.

Hasil penelitian juga menemukan bahwa anak-anak dari ibu yang menderita gangguan kecemasan atau gangguan depresi punya risiko lebih tinggi menderita kecemasan di masa kecil.

Hudson berharap informasi yang dia berikan bisa membantu para ahli kesehatan mental untuk mencari program intervensi yang tepat demi mencegah tumbuhnya anak-anak pencemas.

"Kini kita tahu anak usia pra sekolah bisa mengalami rasa cemas. Karena kita tahu faktor apa yang meningkatkan peluang anak menjadi pencemas, kita bisa mengintervensi dengan lebih efektif dengan mengincar variabel yang dapat mengurangi risiko bagi anak," kata dia.
(nan) Editor: Desy Saputra

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Sapi ngamuk, pengayuh becak luka parahSeorang pengayuh becak yang biasa mangkal di BRI Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Kamis, jadi korban sapi ...

Warga perbatasan Batam lupa kibarkan merah putihBanyak warga perbatasan wilayah Republik Indonesia (RI) dengan Singapura di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, lupa ...

Bio Farma bantah telah digeledah aparat hukumPT Bio Farma membantah kabar yang menyebutkan perusahaan ini telah digeledah aparat hukum seperti dilansir sejumlah ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar